Keistimewaan, Keutamaan dan Manfaat Zakat Fitrah

Zakat Fitrah merupakan zakat yang harus anda bayarkan sebagai seorang muslim di bulan Ramadhan karena Zakat Fitrah merupakan salah satu Rukun Islam sehingga anda diwajibkan untuk membayarkannya. Hukum Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Hukum Membayar Zakat Fitrah sendiri sdh sangat jelas yaitu Wajib bagi seetiap muslim pria maupun wanita di seluruh dunia.
Adapun perintah Allah Swt untuk menunaikan Zakat Fitrah yg berbunyi ” Sesungguhnya beruntunglah orang yg membersihkan diri dan dia mengingat nama tuhannya lalu dia shalat ”. Sedangkan periintah Rasullullah Swt dlm bersabda yg berbunyi ” Bagi orang merdeka dan beragama islam baik pria maupun wanita, anak2 atau orang dewasa dari kaum muslimin beliau Nabi Muhammad Saw memerintahkan untuk wajib membayar Zakat Fitrah jika mereka msh memiliki makanan untuk dirinya serta keluarganya selama karena zakat tersebut lebih diutamakan dari sesuatu yg lebih bermanfaat bagi fakir miskin ”.
Sedangkan untuk Cara Membayar Zakat Fitrah, Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Cara Menghitung Zakat Fitrah bisa anda lakukan dg cara membayar sebesar 1 (Satu) Sha’ dan 1 sha =  4 Mud dan 1 Mud = 675 Gr. Perhitungan Mengeluarkan Zakat Fitrah lebih umum lagi kira2 setara dg 3.5 Liter or bissa jg 2.7 Kg Makanan pokok seperti tepung, gandum,beras, kurma, aqith atau makaanan pokok yg biasanya dikonsumsi didaerah atau negara yg bersangkutan. Sebagai contoh jikka Cara Zakat Fitrah diIndonesia dilakukan dg membayar beras sebanyak 2.7 Kg dan bissa dibayarkan dlm bentuk Uang yg disetarakan dg besaran harga beras dan dikalikan dg jumlah beras yg wajib dibayarkan.

Waktu Membayar Zakat Fitrah dan Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah sendiri bisa anda lakukan saat bulan puasa Ramadhan dan paling lambat atau batas waktunya sebelum orang2 melaksanakan Shalat Idul Fitri atau Shalat Id. Perlu saya diingatkan kpd km bahwa jika anda menyerahkan Zakat Fitri sdh melewati batas Waktu Zakat Fitrah yg ditentukan maka Zakat Fitrah anda tidak berlalu atau masuk ke dlm kategori Sedekah biasa bukan Zakat.
Kesimpulan dari Waktu Zakat Fitrah ini sendiri ialah Zakat Fitrah dibayarkan disaat bulan puasa ramadhan dan batas Waktu Zakat Fitrah dibayarkan ketika sudah mengerjakan Shalat Idul Fitri atau Shalat Id sehingga jika sebelum batas waktu tersebut anda bisa mengeluarkan dan membayar zakat di jam manapun.

Kemudian untuk Keistimewaan Zakat Fitrah, Keutamaan Zakat Fitrah dan Manfaat Zakat Fitrah untuk segi ibadah atau agama maupun untuk pribadi mempunyai banyak sekali manfaatnya. Hal tersebut dikarenakan Zakat Fitrah merupakan Rukun Islam dan Allah Swt memerintahkan langsung untuk dilaksanakan oleh para hamba2 nya sehingga sdh sangat jelas bahwa Manfaat Membayar Zakat Fitrah ini pasti banyak sekali dan bisa kami tulis serta jelaskan Manfaat Mengeluarkan Zakat Fitrah seperti dibawah ini.
Manfaat Zakat Fitrah yang pertama ialah akan mendapatkan pahala yang besar dan dijanjikan surga oleh Allah Swt karena pintu surga akan selalu dibuka untuk orang – orang yg tak lupa Berzakat. Lalu Keutamaan Membayar Zakat Fitrah yg kedua ialah Zakat Fitrah merupakan Zakat Diri dan Allah akan memberikan umur panjang bagi orang – orang yg membayar zakat fitrah dan Keutamaan Mengeluarkan Zakat Fitrah dpt mengkonsentrasikan penuh ibadah anda.
Manfaat Zakat Fitrah seperti terkandung Hadist Ibnu Abbas yg bebunyi puasa merupakan pembersih bagi yg melakukannya dari kesia-siaan dan perkataan buruk demikian pula sebagai salah satu sarana untuk memberikan makan (Zakat Fitrah) kpd fakir miskin. Kemudian untuk Manfaat Zakat Fitrah paling agung ialah sebagai tanda sukur orang yg berpuasa kpd Allah atas nikmat ibadah puasanya

Komentar

Posting Komentar