Tingkat-tingkat rizki

Ada 4 cara Allah memberi rizki kepada makhluk-Nya:
1. Rizki tingkat 1
“Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tak dijamin oleh Allah rizkinya.”(QS. 11: 6)
Artinya Allah akan memberikan kesehatan, makan, minum untuk seluruh makhluk hidup di dunia ini. Hal ini adalah rezeki dasar yang terendah.
2. Rizki tingkat 2

“Tidaklah manusia mendapat apa-apa, kecuali apa yang telah dikerjakannya”
(QS. 53: 39)
Allah akan memberikan rizki sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Jika ia bekerja 2 jam, dapatlah hasil yang 2 jam. Jika kerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, lebih sungguh-sungguh, ia akan mendapat lebih banyak, tak pandang agamanya.
3. Rizki tingkat 3
“… Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih.” (QS. 14: 7)
Inilah rizki yang disayang Allah. Orang-orang yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih sayang Allah dan mendapat rezeki yg lebih banyak. Itulah Janji Allah. Orang yg pandai bersyukurlah yg dapat hidup bahagia, sejahtera & tentram. Usahanya akan sangat sukses, karena Allah tambahkan selalu.
4. Rizki tingkat 4 (untuk orang-orang beriman dan bertaqwa)
“…. Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yg bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq/65:2-3)
Peringkat rizki yg ke 4 ini adalah rezeki yang istimewa, tidak semua orang bisa meraihnya. Orang istimewa ini (muttaqun) adalah orang yang benar-benar dicintai dan dipercaya oleh Allah untuk memakmurkan / mengatur kekayaan Allah di bumi ini.
Semoga kita semua diberkahi dengan rizkiNya yang berlimpah, berkah dan berperingkat tinggi. Amin.

Komentar