PUASA SYAWAL

PUASA SYAWAL

Dua hari lagi puasa ramadhan meninggalkan kita.Ada ibadah yang dianjurkan yang terkait dengan puasa ramadhan, yaitu puasa Syawal


مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.”

 (HR. Muslim no. 1164).

Kandungan Hadits

1. Puasa Syawal adalah puasa  sunnah  menurut jumhur.

2. Puasa enam hari di bulan Syawal derajatnya setara dengan setahun penuh berpuasa.

عَنْ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ قَالَ « مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ (مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا) »

Dari Tsauban,  budak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fithri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal.” 

(HR. Ibnu Majah no. 1715).

3.  Setiap kebaikan  dibalas minimal dengan sepuluh kebaikan yang semisal. Ini menunjukkan bahwa puasa Ramadhan sebulan penuh akan dibalas dengan 10 bulan kebaikan puasa. Sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal akan dibalas minimal dengan 60 hari (2 bulan) kebaikan puasa. Jika dijumlah, seseorang sama saja melaksanakan puasa 10 bulan + 2 bulan sama dengan 12 bulan. Itulah mengapa orang yang melakukan Syawal bisa mendapatkan ganjaran puasa setahun penuh.

4. Puasa enam hari Syawal  dilaksanakan selama bulan Syawal. Dilakukan secara berurutan atau   tidak berurutan tidak ada keutamaan, yang terpenting dilakukan selama di bulan Syawal.

5. Puasa enam hari di bulan Syawal menjadi indikator awal apakah kita termasuk orang berhasil  mendapatkan keutamaan puasa selama Ramadhan, karena bila sebulan bisa tuntas, maka menjadi bukan beban bila hanya enam hari. Dan satu hal yang perlu digarisbawahi  bahwa tanda seseorang akan menjadi khusu  adalah sudah mulai tertarik dan  tergerak untuk memburu puasa sunah in

Komentar