PROPOSAL BAKTI SOSIAL 2017


PROPOSAL BAKTI SOSIAL 2017
KELOMPOK KERJA PENYULUH AGAMA ISLAM
KOTA YOGYAKARTA
Desa Purwosari Kec. Girimulyo Kab. Kulonprogo


A.       LATAR   BELAKANG
Hari Raya ‘Idul Adha atau dikenal juga ‘Idul Qurban dan Hari Raya Haji, merupakan ibadah yang memiliki dimensi sosial sangat tinggi. Karena di samping kita disunnahkan shalat sunat ‘Idul Adha dua reka’at, juga disyari’atkan menyembelih hewan sebagai ibadah Qurban sebagai wujud rasa syukur dan ketaatan kita kepada Allah SWT. Daging dari hewan qurban tersebut, menurut syari’atnya dapat disimpan, dimakan, dishodaqahkan, dimanfaatkan atau dibagikan kepada warga masyarakat. Dalam konteks ini, maka pada hari raya tersebut, semua warga masyarakat dapat bersyukur dan berbagi bersama dalam kegembiraan, menikmati berkahnya daging dari hewan yang disembelih sebagai ibadah qurban.
Akan tetapi, pada kenyataanya, belum semua warga masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama untuk merasakan  syukur atas limpahan nikmat, terutama nikmat dapat makan daging qurban yang berupa kambing ataupun sapi. Ada sebagian warga masyarakat yang hanya dapat merayakan shalat Hari Raya ‘Idul Adha saja, tetapi tidak dapat merayakan kegembiraan menyembelih hewan Qurban dan menikmati daging dari hewan sembelihannya itu.
Warga masyarakat yang mengalami kenyataan di atas, di antaranya adalah warga dusun Ngroto desa Purwosari kecamatan Girimulyo Kulonprogo. Setiap tahun merayakan hari Raya ‘Idul Qurban, tidak mesti ada warga muslim yang menunaikan ibadah Qurban. Kalaupun ada, biasanya hanya dua atau tiga ekor kambing yang dagingnya dibagi untuk 120 an KK atau sekitar 320 an jiwa. Dengan demikian, setiap KK paling banyak mendapat setengah ons daging. Hal ini disebabkan karena di samping faktor ekonomi, juga kesadaran untuk menunaikan ibadah qurban dalam setiap tahunya masih rendah.
Karena itulah, maka Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Kota Yogyakarta, menyelenggarakan Bakti Sosial penyembelihan hewan Qurban dan beberapa jenis kegiatan lain di Desa Purwosari Kec. Girimulyo Kulonprogo.
Bakti Sosial untuk keempat kalinya bagi Pokja Penyuluh Agama Islam Kota Yogyakarta, juga akan dilaksanakan pemberian bantuan air bersih kepada warga masyarakat di Desa Purwosari Kec. Girimulyo Kulonprogo serta beberapa masjid/musholla di desa tersebut.  Warga di tiga wilayah desa tersebut, setiap musim kemarau selalu mengalami krisis air bersih.
Selain warga masyarakat, Jumlah masjid  yang menjadi sasaran bantuan air bersih sebanyak 10 unit dan musholla 2 unit.






Komentar